Inilah 5 Ide Bisnis Syariah Dengan Modal Kecil

4 Ide Bisnis Syariah
photo credit: bank syariah - harapan rakyat

Di zaman yang sudah berkembang saat ini banyak sekali berbagai macam bisnis yang sudah berkembang. Salah satu jenis bisnis yang sangat banyak digeluti adalah bisnis syariah. Seperti yang anda ketahui bahwa bisnis tentunya membutuhkan modal yang cukup. Akan tetapi tidak banyak yang tahu bahwa banyak juga orang yang melakukan bisnis tersebut dengan modal yang sangat seadanya.

Ada banyak sekali hal yang biasanya merupakan alasan sebagian orang penghambat memulai bisnis. Mulai dari belum cukup modal, kurang adanya sumber manusia, dan salah satu nya lagi adalah tidak tau mau berbisnis apa. Salah satu solusinya adalah dengan memperbanyak referensi mengenai ide berbisnis apa saja yang sudah digeluti oleh banyak orang. Berikut adalah beberapa informasi berbisnis lengkap.

Konsep Dasar Bisnis Syariah

bisnis syariah nuonline
photo credit: nuonline.com

Berbisnis merupakan salah satu cara bagi anda agar ingin mendapatkan uang. Tentunya dengan menjalankan bisnis yang sangat syariah anda mendapatkan baik keuntungan dunia maupun akhirat. 

Secara harfiah syariat mempunyai arti sebagai sumber air minum. Sehingga syariah diartikan sebagai jalan yang lurus. Oleh sebab itu tentunya bagi kaum muslim yang menjalankan bisnis harus bersyariat.

Banyak sekali orang yang belum begitu mengenal apa itu bisnis yang syariah. Sehingga dalam menjalankan bisnis tidak sedikit yang melenceng dari syariat yang diajarkan. Oleh sebab itu sebagai kaum muslimin yang baik tentunya anda perlu mengetahui apa sajakah yang harus anda lakukan dalam menjalankan bisnis yang sesuai dengan kaidah ajaran Islam. Simaklah penjelasannya berikut ini. 

1. Produk halal

Salah satu hal yang perlu anda kedepankan dalam menjalani bisnis ini adalah kehalalan sebuah produk. Pastikan barang atau jasa yang anda jual merupakan sesuatu yang halal hukumnya. Sesuai dengan syariat Islam bahwa barang atau jasa yang bentuknya haram sangat tidak boleh dijual belikan. Contohnya jasa judi, minuman keras, makanan berbahan babi dan yang lainnya.

2. Tidak riba

Dalam berbisnis tentunya anda mencari keuntungan. Namun, anda jangan sampai riba. Riba merupakan kata yang mempunyai arti mencari keuntungan yang sangat berlebihan. Hal ini sangat diharamkan dalam Islam karena sangat merugikan customer atau pelanggan anda. oleh sebab itu pastikan bahwa bisnis anda sangat jauh dari kata atau tindakan riba yang haram itu.

Baca juga: Pengertian Riba, Hukum, Jenis dan Praktiknya di Era Modern

Ide Bisnis Syariah

Bisnis-Syariah-dailyprofita
photo credit: dailyprofita.com

Mencari ide berbisnis sebenarnya adalah hal yang bisa dibilang mudah dan sulit. Tentunya anda bisa menggunakan bisnis apa saja yang anda inginkan. Hanya saja tentunya anda membutuhkan strategi bisnis yang sangat bagus dan cerdik. Tidak semua yang anda inginkan berkahir baik. Sebenarnya tergantung strategi bisnis anda. 

Oleh sebab itu anda membutuhkan strategi bisnis yang sangat efektif.

Mempunyai strategi bisnis belum lah cukup untuk memulai bisnis. Anda perlu ide bisnis yang kreatif dan juga inovatif. Tentunya dalam berbisnis anda harus menguntungkan customer dan juga anda sendiri. Namun, sebagian dari anda mungkin belum mengetahui ide bisnis apa sajakah yang terbaik. 

Bagi anda yang ingin mengetahui beberapa ide, simaklah beberapa penjelasan yang cukup lengkap berikut ini.

1. Kosmetik Halal

Seperti yang anda ketahui bahwa dunia kosmetik saat ini sudah banyak digemari oleh banyak orang. Khususnya bagi wanita. Indonesia merupakan sebuah negara yang bermayoritas muslim. Hal itu yang menyebabkan banyak sekali wanita Indonesia yang mencari kosmetik halal. Jika anda membuka peluang usaha ini maka anda tentunya akan lebih mempunyai potensi untung. 

Saat ini banyak sekali kosmetik yang terbuat dari bahan yang diujikan kepada hewan, atau mengandung bahan haram lainnya. Dengan semakin bertumbuhnya trend kosmetik tersebut maka anda dapat mengambil kesempatan ini tentunya. Dengan menjual dan menawarkan berbagai macam produk kosmetik, anda dapat merasakan keuntungan dalam bergelut dalam bisnis tersebut.

2. Travel dan Tour Islami

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan pariwisata yang cukup pesat. Seperti yang anda ketahui bahwa di Indonesia sendiri tempat pariwisatanya sangat banyak. Tentunya banyak sekali peminat wisatawan baik dari luar ataupun dalam negri yang ingin berkujung ke tempat wisata tersebut. Sebagai langkah cerdas, anda dapat bertindak.
Sebenarnya bepergian sendiri pun lebih mudah. 

Anda dapat memesan tiket dan hotel sendiri, ditambah dengan adanya layanan pembelian online. Namun, lain halnya dengan mengatur jadwal perjalanan atau itinerary. 

Dibutuhkan warga lokal yang paham betul mengenai tempat mana sajakah yang berpotensi atau sangat menarik untuk dikunjungi. Oleh sebab itu banyak sekali saat ini orang yang memilih bepergian melalui tour dan travel agent yang Islami. 

Anda dapat mengambil kesempatan dengan membuka tour dan travel agent syariah. Pastinya akan sangat banyak peminatnya, pasalnya di Indonesia sendiri sudah banyak customer yang membutuhkan jasa seperti hal tersebut. Anda dapat menggali informasi lebih dalam mengenai cara tempat pariwisata. Selain itu anda bisa mengembangkan chanel pemandu lokal lainnya.

3. Kuliner halal

Saat ini sedang trend mukbang. Kata mukbang sendiri pertama kali dipopulerkan oleh masyarakat Korea Selatan. Mukbang merupakan memakan makanan dalam porsi yang sangat banyak. Tentunya hal ini membuat minat masyarakat dalam membeli kuliner semakin tinggi. Belum lagi festival makanan, pelayanan pesan makan online, membuat mudah dalam kuliner. 

Hal ini membuat potensi membuka usaha kuliner di Indonesia semakin besar. Tentu saja bergerak di dalam bisnis ini sangat menjanjikan. Seperti yang anda ketahui bahwa mayoritas orang Indonesia adalah orang Islam, tentunya anda sebaiknya menjual makanan halal. 

Semua orang dengan jenis apapun bisa memakannya. Dalam berbisnis kuliner anda harus dan sangat perlu untuk selalu mengedepankan hygine, quality, dan tentunya rasa dari makanan tersebut.
Anda dapat memulai bisnis ini dari rumah. 

Bagi anda yang belum pernah maka sebaiknya anda sudah mulai belajar memasak dari sekarang. Anda harus mencoba berbagai macam eksperimen sampai akhirnya menemukan resep yang tepat. Selanjutnya langsung membuat iklan dan memberikan nomor anda agar customer bisa langsung pesan. Tentunya hal ini sangatlah mudah.

4. Fashion Islami

Selain industry kuliner, industry fashion pun juga dibilang cukup berkembang. Untuk fashion yang islami tentunya sangat identic dengan hijab. Saat ini sudah banyak orang yang mulai untuk berhijab. Tentunya anda sangat bisa mengambil kesempatan dari momentum ini. Dengan industry yang berkembang pesat tersebut tentunya anda akan menarik banyak sekali customer. 

Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah tentunya dengan membeli kain. Setelahnya anda pikirkan model hijab apa yang sekiranya akan diminati oleh banyak orang. Anda dapat mengetahuinya dengan mencari referensi sebanyak mungkin. Dari situlah anda akan menemukan inspirasi. Setelahnya anda tinggal membuat jilab atau hijab yang anda inginkan. 

Beberapa informasi diatas sangat penting bagi anda yang hendak bergelut dalam bisnis syariah. Tentunya menjalankan bisnis tersebut selain mendapat pahala, juga mendapat keuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2019 Properti Syariah Marketing

HUBUNGI KAMI

  • 0821 123 777 83
  • 0821 123 777 83
  • 0821 123 777 83
  • infoprosyamar@gmail.com