Tips Mudah Memulai Bisnis Properti Untuk Pemula

bisnis properti untuk pemula

Mempunyai sebuah bisnis properti tentunya merupakan sebuah keinginan yang diinginkan sebagian besar orang. Seperti yang anda ketahui bahwa saat ini sudah banyak bisnis yang bergerak di berbagai macam bidang. 

Salah satunya adalah bisnis properti. Bisnis ini sudah banyak sekali digeluti oleh banyak orang. Sehingga anda tidak usah heran apabila saat ini di pusat perbelanjaan bisnis ini cukup laku. 

Mungkin sebagian dari anda tertarik untuk menggeluti bisnis di bidang tersebut. Namun, dalam memulai bisnis anda membutuhkan banyak sekali informasi. Informasi tersebut dapat anda jadikan guide dalam menjalankan bisnis tersebut. 

Informasi ini sangat cocok bagi anda yang tidak mempunyai pengalaman atau gambaran sama sekali mengenai bisnis bidang properti. 

Berikut adalah beberapa penjelasannya.

Hal Penting Saat Bisnis Properti

Salah satu nilai plus dalam berbisnis yang harus anda miliki adalah kemampuan bernegosiasi. Ditambah lagi apabila anda mempunyai niat dan kerja keras yang sangat tinggi. 

Ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan ketika akan menjalankan bisnis perumahan tersebut. Tentunya dalam setiap proses anda harus menjalankannya dengan teliti dan baik. 

Untuk informasi lebih lengkapnya, simaklah berikut ini.

1. Mencari rumah

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam berbisnis adalah tentunya mencari rumah yang sekiranya sangat laku ketika dijual. Anda bisa langsung mengcek beberapa lokasi untuk mencari rumah yang sekiranya akan sangat cocok di selera semua masyarakat. 

Tentunya saat anda akan memilih sebaiknya anda cek seluruh aspek yang ada pada rumah, jangan sampai ada yang jelek.

2. Mencari pembeli

Hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mencari pembeli. Dalam proses ini tentunya akan membuat anda harus bersabar. Anda dapat menyesuaikan target konsumen anda dan juga rumah yang akan anda jual. Tidak semua rumah yang menurut anda bagus akan bagus pula menurut para konsumen. Oleh sebab itu anda perlu mengetahui kebutuhan konsumen anda.

3. Mengiklankan

Anda sudah mempunyai produk dan target konsumen anda sendiri. Hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah dengan membuat iklan rumah yang akan anda jual. Di zaman yang sudah canggih ini anda dapat memasang iklan anda dengan mudah. Anda tyinggal pilih mau pasang secara online, offline, atau bahkan dua-duanya sekaligus.

4. Improvisasi

Jika anda ingin menaikkan harga property anda, anda dapat merenovasinya sedikit. Hal ini dapat anda lakukan apabila anda memang mempunyai dana lebih untuk merenovasinya. Anda dapat menjadikan rumah yang anda punya menjadi kontrakan atau kos-kosan. Tentu lah harga property anda akan naik. Namun, anda perlu memikirkan apakah lokasi rumah sudah sangat ideal.

5. Membangun relasi

Anda tidak akan pernah sukses untuk membangun bisnis tanpa adanya relasi. Jika anda memang sangat berniat untuk menjadi penguasah, maka sebaiknya anda sudah mmebangun relasi sebanyak mungkin. Semisal anda sudah membangun relasi dengan orang yang sangat kompeten di bidang properti rumah. Bisa juga anda membangun relasi dengan seorang marketer.

Baca juga :

Tips Dalam Investasi Bisnis Properti

bisnis-properti presidentpost
photo credit: presidentpost.id

Saat anda akan melakukan bisnis tentunya anda akan melakukan investasi. Jika anda ingin tetap untung maka solusinya adalah dengan menjaga investasi anda melalui invest pada sektor yang tepat dan berkualitas. Hanya saja masih banyak masalah yang nantinya akan hadapi. Salah satunya apabila terdapat developer yang tidak terlalu memikirkan investasi rumah yang sudah diberikannya.

Anda tentunya sudah pernah melihat launching produk investasi yang mengunakan media. Anda akan mengetahui bahwa dalam berinvestasi, hal yang paling penting adalah kualitas produk property seperti ruko, apartemen, rumah. 

Berikut adalah beberapa cara bagi anda untuk mengiklankan produk anda. 

1. Membuat website

Anda tentunya dapat menggunakan website untuk mengiklankan produk property anda. Membuat website merupakan hal yang sangat mudah. Namun, jika anda belum pernah membuatnya sebaiknya anda menyuruh orang untuk membuatnya. Di dalam website anda bisa menjelaskan lebih detail lagi tentang pelayanna dan produk bisnis anda. Akan ada banyak yang melihat.

2. Membuat design dan konsep

Tentunya dalam berbisnis anda harus mempunyai teknik branding yang bagus. Salah satunya adalah dengan menetapkan nama usaha anda begitu pula dengan design logonya. Anda tentunya bisa mencari inspirasi dimana pun. Akan tetapi apabila anda tidak mempunyai banyak waktu untuk memikirkannya maka anda juga dapat menyuruh orang lain untuk melakukannya.

3. Menyisihkan keuntungan

Dalam berbisnis, anda harus pintar mengatur uang. Apabila anda tidak mempunyai pengalam dalam berbisnis maka anda bisa meminta saran dari akuntan atau bahkan bekerja sama dengan akuntan untuk mengatur keuangan bisnis anda. Tentunya dari berbisnis anda mampu menghasilkan uang tambahan. Bisnis yang tidak sistematis akan merugikan anda nantinya.

4. Mencari karyawan

Melakukan bisnis property mungkin bisa dilakukan sendiri, namun bisnis ini akan sangat lebih mudah apabila anda melakukannya bersama. Oleh sebab itu anda sebaiknya mencari karyawan untuk membantu pekerjaan anda dalam berbisnis.

Momentum, Lokasi dan Manajemen Bisnis Properti

Bisnis Properti

Informasi penting lainnya yang perlu anda perhatikan dalam berbinsis adalah momentum, manajemen dan waktu. Kedua hal ini mempunyai pengaruh yang besar dalam berbisnis.

Tentunya anda harus mempunyai keahlian dalam mengatur kedua hal tersebut. Ada beberapa penjelasan mengenai manajemen dan lokasi dalam berbisnis. Berikut adalah beberapa informasi dan juga penjelasan mengenai kedua hal tersebut.

1. Momentum

Jika anda akan bergelut dalam bisnis bidang property maka anda harus mengetahui informasi berikut. Bank Indonesia telah menurunkan suku bunga yang menggunakan BI Seven Days Repo menjadi 5,25%. Angka ini lebih rendah dibandingkan dengan BI Rate. Kondisi-kondisi seperti inilah yang harus pintar and abaca. Anda harus bisa menemukan momentum terbaik bisnis anda.

2. Lokasi

Hal pertama yang harus menjadi konsiderasi anda dalam berbisnis adalah lokasi bisnis anda. pastikan bahwa lokasi yang anda gunakan mempunyai potensi dalam pertumbuhan kawasan di sekitarnya. Selain itu lokasi yang harus anda miliki mempunyai potensi dalam pertambahan penduduk. Dan yang terakhir adalah kemungkinna besar bahwa fasilitas akan berkembang.

3. Manajemen

Saat anda berbisnis tentunya anda akan membutuhkan hal yang sangat berkualitas. Seperti saat anda sedang mengatur manajemen bisnis anda. anda harus mengetahui produk porperti yang akan anda sasar. Apakah produk yang akan anda jual tersebut sudah mempunyai reputasi baik di mata semua orang. Tentunya anda sebagai investor harus sangat jeli dalam memilih hal itu.

Apabila anda mengikuti kedua poin tersebut ketika sedang menjalankan bisnis properti, maka anda sedang di jalan yang benar. Jika anda lebih jeli dan teliti sebagai pebisnis maka anda tidak perlu khawatir. Bisnis anda pun tentunya akan sangat lancar dan juga sukses.

Meskipun saat pertama-tama anda tidak akan bisa langsung sukses begitu saja. Perlu ada rintangan agar anda punya pengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2019 Properti Syariah Marketing

HUBUNGI KAMI

  • 0821 123 777 83
  • 0821 123 777 83
  • 0821 123 777 83
  • infoprosyamar@gmail.com